4 Strategi Email Marketing Untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis

Saiful Umar, S.Pd

Email Marketing terbukti masih sangat efektif sebagai salah satu teknik digital marketingEmail marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis, terutama online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik).

Email marketing dikirim kepada calon konsumen yang belum pernah membeli produk dan juga kepada konsumen yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirim email penawaran produk ke pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan pengikut atau pelanggan salah satunya dengan newsletter.

Email marketing juga bisa diartikan sebagai suatu proses mempromosikan barang dan administrasi kepada klien dengan menggunakan media web, promosi iklan, pertukaran dan pembayaran dapat dilakukan melalui halaman situs.

Manfaat Email Marketing bagi Bisnis

Email marketing memungkinkan pelaku bisnis untuk selalu terhubung dengan klien. Hal ini memungkinkan kedua pihak untuk mengikuti penilaian yang baik dalam waktu yang panjang. Anda bisa memulainya dengan memberikan promosi atau data tentang merchandise atau produk yang dijual melalui email (surat elektronik) dengan alamat email resmi perusahaan.

Beberapa manfaat email marketing bagi bisnis di antaranya:

1. Bersifat Personal

Email marketing bersifat individu. Sehingga email marketing akan fokus pada klien yang sudah ada atau yang mungkin akan menjadi klien. Ketika klien atau calon klien merasa senang menerima pesan dari Anda, akan terasa jauh lebih mudah untuk menawarkan apapun kepada mereka melalui pesan email.

2. Informasi Cepat dan Praktis

Dengan email marketing, Anda bisa menjangkau para klien atau pelanggan dalam waktu yang sangat cepat, langsung ke email pribadi mereka. Sehingga hasilnya akan Anda dapatkan lebih cepat dibandingkan mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui surat pos yang memakan waktu cukup lama.

Kehadiran email marketing dapat membuat segalanya jauh lebih mudah, termasuk menjangkau pelanggan secara efektif dan cepat, karena menggunakan email, informasi dapat diperoleh dengan cepat di manapun berada.

3. Hemat Biaya

Biaya yang ditimbulkan dengan email marketing jauh lebih murah dan hemat dibandingkan secara fisik melalui pos. Terlebih tingkat responsivitas dari pelanggan lebih tinggi ketika memanfaatkan email marketing. Hal ini membuat pesan elektronik ini menjadi strategi pengembangkan yang banyak digunakan pelaku bisnis.

4. Kerja Sama dengan Pelanggan

Media email marketing membuat visioner bisnis dapat bekerja sama lebih dalam dengan pelanggan perusahaan. Anda bisa membangun koneksi dan saling menawarkan panduan yang berguna untuk kemajuan bisnis. Pesan yang dikirim tidak hanya penawaran atau promosi, tetapi Anda juga bisa mengirim beberapa tips atau data terkait produk dengan cara lebih sederhana.

5. Mudah Dibagikan

Pelanggan perusahaan bisa lebih mudah memberikan informasi terkait produk Anda dengan adanya penawaran melalui email marketing. Pendukung yang menawarkan pesan, bertindak sebagai pendukung gambar produk.

6. Mengukur Kampanye

Kampanye yang dilakukan melalui email marketing dapat diukur dengan baik, karena Anda bisa melihat berapa pesan yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon yang diberikannya. Sehingga Anda bisa melakukan Analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada kampanye agar lebih efisien.

email marketing bisnis

Strategi Email Marketing untuk Meningkatkan Bisnis

Agar email marketing lebih maksimal, simak beberapa strategi di bawah ini:

1. Pahami Siapa Target Penerima Email Anda

Agar email marketing yang dikirimkan efektif dan tepat sasaran, Anda perlu mengenali dengan baik target penerima surat. Dengan memahami dengan baik target penerima email, Anda dapat mengetahui masalah apa yang sedang mereka hadapi dan menawarkan solusi melalui konten newsletterEmail marketing yang ditujukan pada target pasar yang tepat dapat meningkatkan respon dan penjualan dari pesan Anda.

Salah satu cara untuk mengenali target penerima surat adalah dengan melakukan survei sederhana. Survei ini dapat membantu Anda mengetahui apa yang diharapkan target audiens dari merek Anda. Selain itu, survei juga dapat membantu Anda mengetahui sejauh mana target penerima email mengenal perusahaan, produk, atau jasa yang Anda tawarkan.

2. Segmentasi Penerima Email

Untuk membuat email marketing yang efektif, salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah melakukan segmentasi pada daftar email. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa penerima email cenderung membuka dan membaca surat yang memiliki judul dan isi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Anda dapat melakukan segmentasi target penerima surat berdasarkan perilaku, status pelanggan, lokasi geografis, tahapan dalam mengenal perusahaan atau produk, jenis produk atau jasa yang mereka butuhkan, dan lain sebagainya. Dengan melakukan segmentasi pada target penerima pesan, Anda dapat mengirimkan konten pesan yang sesuai dengan segmen mereka, sehingga suratyang Anda kirimkan akan terasa lebih personal dan relevan bagi mereka.

3. Tulis Email Agar Terkesan Personal

Salah satu strategi email marketing yang menarik adalah dengan menulis email seolah-olah email atau pesan tersebut hanya dikirim pada satu orang saja.

Email yang memiliki konten personal biasanya lebih banyak dibaca oleh penerima dibandingkan dengan email yang terkesan generik. Meskipun sebenarnya satu email dapat diterima oleh beberapa orang penerima, dengan menggunakan bahasa yang sesuai dan konten yang tepat, email Anda dapat terasa ditulis dan dikirimkan hanya untuk satu penerima saja oleh pembaca email Anda.

Untuk dapat melakukan personalisasi isi email dengan efektif, Anda dapat melakukan survei atau berkomunikasi satu-satu secara langsung dengan calon pelanggan atau pelanggan Anda.

4. Gunakan Judul Email yang Menarik

Sebagian besar pengguna internet memutuskan untuk membuka dan membaca sebuah email berdasarkan judul email dan beberapa kalimat pertama isi email yang terlihat. Keputusan tersebut dibuat dalam waktu kurang dari tiga detik saat membaca judul dan beberapa kalimat pertama isi email. Oleh karena itu, pastikan judul email marketing Anda berhasil menarik perhatian pembaca dalam tiga detik pertama untuk membaca isi konten email dengan baik.

Email marketing adalah salah satu tools yang bisa Anda personalisasikan sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Alat ini membantu bisnis Anda untuk bisa menyentuh target bahkan bisa mendominasi market.

Sumber : https://dahsyat.com/artikel/email-marketing/

Bagikan Artikel Ini
Tinggalkan komentar